PERBEDAAN DOHC DENGAN SOHC
DOHC adalah Double Over Head Camshaft, dan SOHC adalah Single Over Head
Camshaft. Dari singkatan tadi bisa disimpulkan perbedaan DOHC dan SOHC
adalah pada jumlah camshaft (noken as) yang ada pada head cylinder. Camshaft
adalah batang silinder yang berfungsi untuk mengatur timing buka tutup katup
(klep) masuk bahan bakar dan katup keluarnya gas buang. Mesin DOHC memiliki dua
camshaft sedangkan SOHC hanya satu camshaft.
DOHC
Pada mesin DOHC dalam satu piston memiliki dua camshaft di head cylinder. Masing masing camshaft ini menggerakkan langsung 2 katup. Dimana 2 katup mengatur masuknya bahan bakar dan 2 katup lainnya mengatur keluarnya gas buang. Dengan jumlah klep dua kali lebih banyak (2 klep masuk dan 2 klep keluar) power yang dihasilkan otomatis lebih besar, karena penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang ke knalpot lebih besar. Motor yang menggunakan mesin jenis ini antara lain: CB150R, Satria FU150, YZF-R25, Ninja 250FI.
Pada mesin DOHC dalam satu piston memiliki dua camshaft di head cylinder. Masing masing camshaft ini menggerakkan langsung 2 katup. Dimana 2 katup mengatur masuknya bahan bakar dan 2 katup lainnya mengatur keluarnya gas buang. Dengan jumlah klep dua kali lebih banyak (2 klep masuk dan 2 klep keluar) power yang dihasilkan otomatis lebih besar, karena penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang ke knalpot lebih besar. Motor yang menggunakan mesin jenis ini antara lain: CB150R, Satria FU150, YZF-R25, Ninja 250FI.
Kelebihan dan kekurangan DOHC
KELEBIHAN DOHC
|
KEKURANGAN SOHC
|
Kelebihan mesin DOHC adalah dengan 4
katup yang langsung digerakkan camshaft membuat asupan bahan bakar melimpah,
sehingga power mesin lebih besar dan stabil di putaran mesin (rpm) yang
tinggi (torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi / top-end power).
|
– Relatif lebih boros bahan bakar.
– Biaya produksi dan perawatan lebih tinggi – Suku cadang dan proses reparasi lebih banyak. – Putaran bawah mesin lebih berat karena harus menggerakkan dua camshaft |
SOHC
Mesin SOHC hanya memiliki satu camshaft (noken as) yang berada ditengah head cylinder, sehingga mesin hanya memiliki 2 katup saja. Satu katup untuk mengatur bahan bakar masuk dan satu lagi mengatur keluarnya gas buang. Pengaturan buka tutup katup digerakkan oleh rocker arm yang terhubung langsung dengan camshaft. Motor yang menggunakan mesin jenis ini banyak sekali terutama pada motor ber cc kecil seperti matik, dan cub. Pada motor sport antara lain: Verza 150, Byson, V-ixion, Megapro, Gixxer.
Mesin SOHC hanya memiliki satu camshaft (noken as) yang berada ditengah head cylinder, sehingga mesin hanya memiliki 2 katup saja. Satu katup untuk mengatur bahan bakar masuk dan satu lagi mengatur keluarnya gas buang. Pengaturan buka tutup katup digerakkan oleh rocker arm yang terhubung langsung dengan camshaft. Motor yang menggunakan mesin jenis ini banyak sekali terutama pada motor ber cc kecil seperti matik, dan cub. Pada motor sport antara lain: Verza 150, Byson, V-ixion, Megapro, Gixxer.
Pada perkembangannya mesin SOHC dengan satu Camshaft tidak hanya berisi 2
katup saja, melainkan bisa juga ditempatkan 4 buah katup. Hal ini dilakukan
dengan memodifikasi kepala rocker arm menjadi bercabang dua pada katup in dan
katup ex. Dengan 4 katup, power yang dihasilkan bisa di tingkatkan, contohnya
mesin YZF-R15 dan V-ixion.
Kelebihan dan kekurangan SOHC
KELEBIHAN SOHC
|
KEKURANGAN SOHC
|
– Mesin lebih ringan karena hanya
menggunakan satu Camshaft
– Relatif Lebih Irit – Biaya produksi dan perawatan murah. – Torsi bekerja lebih baik pada kecepatan rendah / low-end torque) |
– Mesin biasanya lebih berisik karena
menggunakan dua buah rocker arm.
– Angka RPM (putaran mesin) rendah, sehingga top speed tidak terlalu tinggi. |
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa baik mesin DOHC maupun SOHC,
pada prinsipnya sama yaitu untuk mengatur buka tutupnya katup. Namun untuk
mendapatkan power atau torsi maksimal, baik DOHC maupun SOHC banyak sekali
faktor lain yang berpengaruh, misalnya besarnya klep, besarnya sudut klep,
diameter silinder dan panjangnya langkah piston (overbore/overstroke) dll.
Sumber : http://anangcozz.com/2015/07/31/mengenal-mesin-dohc-dan-sohc-apa-kelebihan-dan-kekurangannya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar