PERBEDAAN
MOTOR 4 TAK DAN 2 TAK
Berikut
ini adalah perbedaan motor 2 tak di lihat dari cara kerja mesin yaitu
- Untuk mendapatkan 1 kali
tenaga hasil dari pembakaran gas, motor 2 tak ini memerlukan 2 kali
gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar poros engkol Dimana
penjelasannya yaitu:
1)
TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak
dari TMB menuju TMA) 2) TAK 2 : proses kerja,
kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju
TMB) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder
- Bahan bakarnya selalu di
campur dengan oli, baik secara langsung ke dalam tangki bensin
ataupun dengan cara terpisah.
- tidak memiliki katup,
sebagai gantinya adalah red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam
ruangan cylinder.
- Setiap piston hanya
mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I dan ring compressi II.
- Setiap cylindernya memiliki
2 macam compressi yaitu compressi cylinder (primer) dan carter(sekunder)
Kelebihan
dan kekurangan motor 2 tak
Kelebihan motor 2 tak
|
Kekurangan motor 2 tak
|
1)
Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros
engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata.
|
1)
Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah
tekanan kembali gas buang lebih tinggi
|
2)
Tidak memerlukan katup, komponen lebih sedikit, perawatan lebih mudah dan
relatif murah
|
2)
Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara
ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
|
3)
Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan
gerakan yang halus
|
3)
Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul
panas
|
4)
Bila dibandingkan dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama,
tenaga yang dihasilkan lebih besar
|
4)
Memakai oli pelumas tambahan untuk campuran bahan bakar
|
Berikut
ini adalah perbedaan motor 4 tak di lihat dari cara kerja mesin yaitu
- Untuk mendapatkan 1 kali
tenaga hasil dari pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naik dan
turun dengan 2 kali putaran poros engkol. Penjelasannya yaitu:
1)
TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
2)
TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
3)
TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)
4)
TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA)
Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi
silinder
- Bahan bakarnya bensin/pertamax
murni (tidak dicampur)
- Setiap cylindernya memiliki
2 buah atau 4 buah katup
- Cylindernya hanya memiliki 1
macam compressi yaitu compressi cylinder
- Setiap piston memiliki 3
buah ring yaitu : ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga
ring ini sangat berguna untuk membantu pelumasan pada piston.
Kelebihan
dan kekurangan Motor 4 Tak
Kelebihan motor 4 tak
|
Kekurangan motor 4 tak
|
1)
Karena proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya berdiri
sendiri-sendiri sehingga lebih presisi, efisien dan stabil, jarak putaran
dari rendah ke tinggi lebih lebar (500- 10000 rpm).
|
1)
Komponen dan mekanisme gerak katup lebih kompleks, sehingga perawatan lebih
sulit
|
2)
Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah
sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat.
|
2)
Suara mekanis lebih gaduh
|
3)
Putaran rendah lebih baik dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh
sirkulasi oli
|
3) perawatannya agak rumit
|
4)
Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan
dan tekanan efektif rata-rata lebih baik
|
4)
Langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan
putar tidak stabil, perlu jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam
getaran.
|
Sumber :
http://ryan-juwana.blogspot.co.id/2010/12/perbedaan-motor-4-tak-dan-2-tak.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar