PEMANFAATAN MULTIMEDIA
Multimedia
dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak
pembelajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau siswa untuk belajar
mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak jauh dan pemasaran
pendidikan.
Ruang
Multimedia Dalam Proses Pembelajaran
Ruang multimedia adalah suatu ruangan dimana terdapat berbagai
peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran. Peningkatan
mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas penyampaian materi pendidikan
sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya.
Standar Internasional pembelajaran berbasis ICT dapat
dilaksanakan, salah satunya dengan penggunaan ruang multimedia yang tersedia di
sekolah. Ruang multimedia yang dimaksudkan adalah ruangan yang di dalamnya
terdapat beberapa komputer yang cukup representatif untuk seluruh siswa dalam
satu kelas dan sudah disetting dengan LAN (Local Area Network), LCD untuk
menayangkan presentasi guru, headphone di tiap komputer untuk mendengarkan
suara guru dari komputer induk, mikrophone dan sound sistem yang berfungsi
sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar oleh seluruh siswa dalam kelas,
sambungan internet, printer, AC (Air Conditioning).
Dalam proses pembelajaran menggunakan ruang multimedia,
bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video,
musik, angka, atau tulisan tangan. Bagi komputer, bentuk informasi tersebut,
semuanya diolah dari data digital. Sehingga memudahkan siswa menyerap dan
mengingat materi-materi yang disampaikan dalam proses pembalajaran.
Adapun komponen yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan
pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan ruang multimedia antara lain:
· Sarana
elektronik (komputer/laptop, LCD, headphone dan lain-lain).
· Kemauan
siswa dan guru untuk melakukan renovasi pembelajaran.
· Sumber
daya manusia (guru dan siswa).
· Kesiapan
sekolah untuk menanggung beban operasional dan biaya perawatan.
Jenis kegiatan/tugas guru yang dapat dilaksanakan dengan
menggunakan ruang multimedia antara lain:
·
Menyampaikan materi (presentasi). Salah satu bentuk tugas yang paling sederhana
yang dapat dilakukan adalah menyampaikan materi pelajaran menggunakan media
komputer/laptop dan LCD. Materi disampaikan kepada siswa dengan menayangkan
materi pada layar dan siswa dapat mengikuti bersama-sama. Keterampilan yang
dapat digunakan yaitu dengan mengolah materi menggunakan program MS Power
Point. Kemudian dapat dikembangkan lagi menggunakan program Windows Movie
Maker, Ulead VideoStudio dan lain-lain. Bahkan dengan menayangkan video yang
berhubungan dengan materi juga bisa dilakukan tanpa guru.
· Memutar
lagu/musik disela-sela kegiatan belajar siswa, misalnya saat siswa mengakses
materi pelajaran melalui internet.
· Memutar
video yang berkaitan dengan materi pembelajaran
·
Menampilkan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
· Mengirim
informasi/pesan dari guru (komputer server) ke siswa (komputer client).
· Mengirim
tugas/ulangan kepada siswa dan mengumpulkannya kembali melalui komputer server.
· Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengakses materi melalui internet.
·
Menggunakan ruang ini sebagai laboratorium bahasa karena di dalamnya terdapat
headphone yang disambungkan dengan tiap computer dan bisa mendengar suara guru
dari computer server.
Upaya membuat anak betah belajar disekolah dengan memanfaatkan
teknologi multimedia, merupakan kebutuhan, sehingga sekolah tidak lagi menjadi
ruangan yang menakutkan dengan berbagai tugas dan ancaman yang justru
mengkooptasi kemampuan atau potensi dalam diri siswa. Untuk itu, peran serta
masyarakat dan orangtua , komite sekolah merupakan partner yang dapat
merencanakan dan memajukan sekolah.
Kelebihan
Multimedia Dalam Pendidikan
1. Sistem
pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
2. Mampu
menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi
siswa.
3. Mampu
menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video
dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan
pembelajaran.
4. Mampu
menvisualisasikan materi yang abstrak.
5. Media
penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
6. Membawa
obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
7.
Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
8.
Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.
Kekurangan
Multimedia Dalam Pendidikan
1. Biaya
relative mahal untuk tahap awal
2. Kemampuan
SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
3. Belum
memadainya perhatian dari pemerintah
4. Belum
memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu
Bidang Industri
Pada bidang industri manfaat
komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu,
mempermudah, mempecepat pekerjaan-pekerjaan manusia diantaranya adalah:
1. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang
lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi
menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam
sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian
cepatnya.
2. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin,
peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh
komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif
bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin
dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
3. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain
gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan
tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk
perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau
STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
4. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua
dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu
singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan
jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan
manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan
perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak
up-to date lagi.
5. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan
penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang
dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan
animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film
Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk
menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi
seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
Bidang Aplikasi Umum
Pengaruh multimedia sangat besar dan
berkembang secara pesat di masyarakat umum. Hal ini dikarenakan kemudahan yang
ditawarkan multimedia pada semua bidang kehidupan manusia. Dengan multimedia,
informasi yang ingin disampaikan akan lebih jelas, menarik, mudah dan
efektif. Selain itu penggunaan multimedia cukup mudah untuk dipelajari bagi
masyarakat awam sekalipun. Jika diamati lebih lanjut, dewasa ini masyarakat
bahkan lebih cerdas dalam mengunakan multimedia.
Kemudahan multimedia membuat
masyarakat lebih tertarik menggunakan jasa internet untuk memasang iklan atau
bahkan belanja On-line. Pembeli tidak perlu repot pergi keluar
rumah untuk mencari barang atau jasa yang diinginkan. Di bidang pendidikan,
guru tidak perlu repot-repot mendemonstrasikan dengan gambar di papan tulis
untuk menjelaskan suatu materi pelajaran yang rumit dan sulit dijelaskan dengan
kata-kata. Guru cukup menggunakan proyektor yang terhubung dengan komputer atau
laptop untuk memberikan penjelasan melalui gambar, video dan animasi. Mudah dan
menguntungkan bukan?
Kemudahan informasi yang didapat
dari media internet membuat masyarakat lebih memilih untuk mencari berita dan
artikel dari internet. Selain lebih menarik karena dilengkapi fasilitas
multimedia (video, gambar dan animasi), berita yang didapat dari internet
bersifat lebih up to date. Bukan hanya itu, membaca berita
dari internet akan lebih murah dibanding dengan cost yang
dikeluarkan dari membaca koran.
Tentunya ini sangat baik dalam
meningkatkan minat baca masyarakat karena wacana atau berita yang disuguhkan
tentu jauh lebih beranimasi dan mudah dimengerti jika dibandingkan dengan
wacana dari media massa. Bisa dibayangkan tentunya mana yang lebih menarik
antara berita yang menyajikan teks dan gambar saja dibandingkan dengan
berita yang menghadirkan teks , gambar, suara, video, simulasi kejadian
dan animasi-animasi cerdas. Tentu dengan bijak masyarakat akan memilih
opsi kedua.
Dibalik kemudahan-kemudahan yang
ditawarkan dari keberadaan multimedia dan internet tentu ada sisi negatif. Dari
sisi negatif inilah yang apabila masyarakat tidak cerdas untuk menghindarinya
akan menimbulkan masalah bagi mereka sendiri. Beberapa hal negatif yang
diakibatkan dari penyalahgunaan multimedia internet antara lain
penipuan,pornografi, perjudian, pembobolan rekening dan lain-lain. Tentunya
diwajibkan untuk masyarakat lebih cerdas dalam penggunaan multimedia dan
internet.
Selain media internet, masyarakat
dapat memanfaatkan televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Televisi
juga termasuk salah satu alat multimedia, bukan? Dari televisi masyarakat
dapat menikmati berbagai jenis element multimedia seperti video, gambar ,
suara dan teks. Dari televisi, masyarakat dapat menikmati hiburan dan
mendapatkan ilmu pengetahuan. Namun dengan adanya televisi terkadang
orang menjadi lupa waktu dan mudah terpengaruh akan cerita-cerita yang
ditayangkan. Hal tersebut dapat menyebabkan kebodohan. Sama seperti halnya
televisi, internet pun dapat membuat orang lupa waktu dan menjadi bodoh.
Multimedia dan internet, antara
keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dan sangat dibutuhkan masyarakat
dalam era yang serba cepat dan tepat. Multimedia dimanfaatkan para pelaku
bisnis untuk iklan , pemasaran, demo produk dan katalog. untuk lebih jelasnya
akan dijajabarkan beberapa aplikasi umum menggunakan multimedia.
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi periklanan,
pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan komunikasi jaringan. Selain
itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi dengan rekan bisnisnya
dengan memanfaatkan video conference, yang memungkinkan adanya
tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya
aplikasi multimedia inilah, perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya
lebih lancar.
2. Rumah
Di rumah banyak media elektronik yang dapat
menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain televisi, DVD player, VDC
player, video game ( Playstation, Sega, Nintendo, X box), dan
komputer tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang
positif yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu anggota keluarga.
Dengan menonton TV atau video bersama- sama dengan semua anggota keluarga (
Orang tua dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga serta membantu
pengawasan dalam penggunaan multimedia.
3. Tempat umum
Melalui internet dan fasilitas multimedia , masyarakat
akan dengan mudah menemukan informasi suatu tempat umum baik secara letak,
kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain itu, aplikasi multimedia di
tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel,
pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut
dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat
yang bersangkutan.
Referensi :
- Barton, R. Teaching Secondary
Science with ICT. London: Open University Press, 2004.
- Bates, A.W. Technology, Open
Learning And Distance Education. London: Routledge, 1995.
- Fenrich, P. Practical Guidelines
For Creating Instructional Multimedia Applications. Forth Worth : The Dryden
Press 1997.
- Panduan Pembuatan Multimedia
Pembelajaran; Depdiknas, 2007
- Pramono, Gatot. Pemanfaatan
Multimedia Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pendidikan,Departemen Pendidikan Nasional, 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar