PENGERTIAN
MULTIMEDIA
MULTI [latin
nouns] : banyak; bermacam-macam
MULTIMEDIA :
·
MEDIUM
[latin] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau
membawa sesuatu
·
MEDIUM
[American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk
mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Multimedia
dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa
media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi
dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Beberapa
definisi menurut beberapa ahli:
1.
Kombinasi
dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2.
Kombinasi
dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
(McComick, 1996)
3.
Kombinasi
dari paling sedikit dua media input atau output. Media
ini dapat berupa audio (suara,
musik), animasi, video, teks, grafik
dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002).
4.
Alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
video (Robin dan Linda, 2001)
5.
Multimedia
dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Multimedia
dapat digunakan dalam:
1.
Bidang
periklanan yang efektif dan interaktif
2.
Bidang
pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran
secara interaktif dan dapat mempermudah
pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek:
suara, video, animasi, teks, dan grafik.
3.
Bidang
jaringan dan internet yang membantu dalam
pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
4.
Menurut
riset Computer Technology Research (CTR):
5.
Orang mampu
mengingat 20% dari yang dilihat
6.
Orang mampu
mengingat 30% dari yang didengar
7.
Orang mampu
mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
8.
Orang
mampu mengingat 30% dari yang didengar,
dilihat, dan dilakukan.
Multimedia
mampu:
1.
Mengubah
mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan
pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung
teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2.
Mengubah
cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan
internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
3.
Mengubah
cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan
menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4.
Mengubah
cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai
software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak
lagi.
5.
Mengubah
cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online,
menggunakan e-book.
6.
Internet
Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Bagaimana
sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?
1.
Kombinasi
Media Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/
discrete) dipakai. Contoh media diskrit: teks dan gambar, dan media kontinu
adalah audio dan video.
2.
Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media
tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat
ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut rendah.
3.
Computer-supported
Integration Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh
komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Sistem
Multimedia dapat dibagi menjadi:
1.
Sistem
Multimedia Stand Alone Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia
yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat
input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD
Proyektor), VGA dan Soundcard.
2.
Sistem
Multimedia Berbasis Jaringan Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang
mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan
pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video
broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan
jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.
Jenis
Multimedia berdasarkan karakteristiknya
1. Multimedia Linier
Multimedia
linier merupakan multimedia satu arah, artinya, pengguna multimedia ini hanya
bisa mendapatkan informasi saja, tanpa bisa bisa memberikan feedback yang besar
(meskipun ada hanya bersifat sekuensial). Contoh dari multimedia ini adalah
siaran televisi, film, dll.
2. Multimedia Interaktif
Berbeda dari
multimedia linier, multimedia interaktif menyediakan berbagai kebebasan
nafigasi bagi para penggunanya. Pengguna multimedia interaktif dapat memberikan
berbagai macam feedback melalui berbagai macam alat kontrol yang disediakan.
Contoh dari multimedia ini adalah game, pemutar video, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar