KONSEP DASAR MULTIMEDIA
Dasar Multimedia
Seperti yang telah disebutkan pada
artikel sebelumnya (Pengertian Multimedia), multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara, animasi,
atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna komputer. Ada dua
jenis multimedia yaitu: multimedia linear (tetap) dan multimedia
interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan
fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang
tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur
dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai/pengguna, maka Interactive
Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia linear adalah
media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari
pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan
multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari komputer. Pengguna
diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan.
Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan membangun sebuah
multimedia disebut Multimedia Developer.
Tujuan Dasar Multimedia
1.
Meningkatkan
efektifitas penyampaian informasi
2.
Mendorong
partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
3.
Merancang
panca indra, karena bersifat visual
4.
Memberikan
kemudahan pemakaian.
Elemen – elemen Multimedia
Sebuah multimedia yang baik dan mudah dipahami,
dibutuhkan elemen-elemen yang mampu menyampaikan sebuah informasi kepada
pengguna multimedia tersebut. Elemen – elemen tersebut antara lain :
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana
dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak
banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media
teks antara lain plain text, rich format text, dan hyper
text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk
kode ASCII.
· Plain text tidak terenkripsi maupun
informasi yang di-embed di dalamnya.
· Rich format text merupakan sekumpulan text yang
telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu menampilkan teks-teks dengan
format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
· Hypertext, biasanya text yang bersifat
saling terhubung (Linking), dan non linear, contohnya adalah HTML dan
XML
2. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan
menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga
menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding
bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik dalam mengilustrasikan suatu
informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun
bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan
pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu:
· Grafik Bitmap
Bitmap disusun sebagai sebuah matriks yang
mempresentasikan setiap titik atau pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat
tergantung dari resolusi pixel dan ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini
sangat baik dalam penyimpan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap
terkadang berukuran cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
· Grafik Vektor
Grafik vektor dibentuk dari hitungan matematika
sebagai dasar untuk menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari
susunan garis, bangun dua dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan
secara matematis dengan koordinat, ukuran, ketebalan dan sudut. Grafik vektor
cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila diperbesar
(zooming) , vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.
4. Gambar
Gambar merupakan suatu objek yang dapat
ditampilkan dalam bentuk grafik (non teks) atau konsep yang berbentuk kode yang
tidak berelasi dengan waktu. Gambar terbagi tiga jenis yaitu visible
image, non visible image dan abstract image.
· Visible image: gambar yang terlihat seperti lukisan
, foto
· Non visible image: suatu objek yang bukan gambar namun
dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan
jenis pengukur lainnya
· Abstrak: gambar yang tidak nyata,
yang berbasiskan perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan suara atau audio ke dalam aplikasi
multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media
informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya untuk menginformasikan
bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada
tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek suara.
Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI dan WAVE.
· MIDI ( Musical Instrument
Digital Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari
instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau
merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air
dan lain-lain
· WAVE merupakan jenis format musik
atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun
baik real sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video seperti layaknya animasi namun video lebih
cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara langsung.
Dalam video terkandung juga elemen multimedia lainnya seperti gambar, suara dan
tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya, video menyuguhkan informasi lebih
lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
1. RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan
sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan
elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan
untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah
hitam.
2. CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK (adalah kependekan dari cyan, magenta,
yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan
referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan mempergunakan empat warna)
adalah bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan
berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu
sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat
khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses
ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.
Sumber
3. Ditto, William. Multimedia, Encarta Premium DVD
Ensiclopedia 2006.
http://slowisnotsmart.blogspot.co.id/2015/09/konsep-dasar-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar